|
Rancangan Program Pendidikan
Keluarga
Tahun Pelajaran 2018/2019
No.
|
Nama Program
|
Tujuan
|
Objek Sasaran
|
Narasumber
|
Target
|
Status
|
1.
|
Pembentukan
struktur pengembangan sekolah berbasis Pendidikan Keluarga
|
1.
Mempercepat
dan mengarahkan program sekolah berbasis Pendidikan Keluarga
2.
Menjalin
komunikasi yang sistematis antara struktur pengembangan sekolah berbasis
Pendidikan Keluarga dengan kepala sekolah dan komite sekolah
|
1.
Guru
2.
Wali
Murid
3.
Komite
Sekolah
|
Kepala
Sekolah dan Guru
|
Awal
tahun ajaran baru
|
Terlaksana
Awal
tahun ajaran baru
|
2.
|
Pembentukan
Paguyuban Kelas
|
1.
Menjalin
komunikasi yang efektif antara wali murid, guru dan sekolah untuk
meningkatkan kualitas proses belajar.
2.
Meningkatkan
peran serta wali murid dalam pengembangan mutu sekolah
|
1.
Wali
Murid
|
Kepala
Sekolah dan Komite Sekolah
|
Awal
tahun pelajaran baru
|
Terlaksana
Dilaksanakan
pada awal tahun pelajaran baru
|
3.
|
1.
Sosialisasi
Program Pendidikan Keluarga
2.
Penguatan
paguyupan perkelas
|
1.
Memberikan
pemahaman yang lebih utuh tentang program Pendidikan Keluarga di SD N
Karangayu 02
2.
Menjalin
dan menguatkan komunikasi wali murid dalam rangka pengembangan kelas
berkarakter
|
1.
Guru
2.
Tenaga
Kependidikan
3.
Wali
Murid
4.
Siswa
5.
Komite
Sekolah
|
Tim
Pengembang Pendidikan Keluarga
|
Awal
semester
|
Terlaksana
Dilaksanakan
pada awal tahun pembelajaran, awal semester dan insidental
|
4.
|
Penyusunan
Program Pendidkan Keluarga bersama komite, paguyuban, guru dan tenaga
kependidikan
|
1.
Penyamaan
persepsi tentang pengembangan SDN Karangayu 02 berbasis keluarga antara wali
murid, komite, guru dan tenaga kependidikan
2.
Pempercepat
penghijauan di lingkungan sekolah
3.
Mempercepat
PPK pelaksanaan program
|
1.
Guru
2.
Tenaga
Kependidikan
3.
Wali
Murid
4.
Siswa
5.
Komite
Sekolah
|
Tim
Pengembang Pendidikan Keluarga
|
Awal tahun
pelajaran baru
|
Pada
awal tahun pelajaran baru
|
No.
|
Nama Program
|
Tujuan
|
Objek Sasaran
|
Narasumber
|
Target
|
Status
|
5.
|
Pertemuan
wali kelas dengan wali murid siswa
|
1.
Mengefektifkan
pola komunikasi tentang pengembangan prestasi sikaap spiritual, social pengetahuan
dan ketrampilan yang berkaitan pendidikan keluarga
2.
Refleksi
diri
|
1.
Wali
Murid
|
Wali
Kelas
|
Awal
dan akhir semester
|
Terlaksana
Setiap
awal dan akhir semester
|
6.
|
Kelas
Parenting
|
1.
Memberikan
komunikasi efektif dan bersifat membangun antara siswa, wali murid dan
sekolah
2.
Meningkatkan
peran wali murid dalam pengembangan kualitas proses belajar yang berkarakter
3.
Memberikan
pengalaman wali murid berkaitan pendidikan karakter
|
1.
Siswa
2.
Wali
Murid
|
Wali
Kelas
|
Setiap
semester dilaksanakan 2 kali
|
Terlaksana
2 kali
1.
Alumni
2.
Wali
murid
|
7.
|
Kelas
Inspirasi
|
1.
Memberikan
motivasi berprestasi kepada peserta didik
2.
Memberikan
pengalaman tentang perjuangan meraih mimpi
3.
Menghadirkan
inspiratory yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
|
6.
Setiap
semester 2 kali
|
Tokoh Inspiratif
|
Awal
semester
|
Terlaksana
sebanyak 2 kali
Narasumber
-
-
|
8.
|
Penyambutan
hari pertama masuk sekolah
|
1.
Memberikan
stimulant positif daam penyambutan pertama kali peserta didik masuk sekolah
|
1.
Siswa
2.
Wali
Murid
|
1.
Kepala
Sekolah
2.
Guru
|
Awal
semester
|
Terlaksana
awal tahun baru
|
9.
|
Wisuda
SDN Karangayu 02
|
1.
Menyiapkan
peserta didik ke jenjang pedidikan selanjutnya
2.
Memberikan
kesan positif terhadap SDN Karangayu 02
|
1.
Siswa
|
1.
Kepala
Sekolah
2.
Wali
Murid
3.
Guru
4.
Komite
|
Setiap
akhir semester
|
Belum
terlaksana
Masih
dalam wacana
|
No comments:
Post a Comment