Keberhasilan suatu institusi diawali dari manajemen kegiatan yang dapat diukur keberhasilannya. Salah satu tanda berhasil tidaknya pelaksanaan suatu institusi terlihat dari evaluasi diri dan program kegiatan tahunan, program keuangan, dan pengaturan kinerja seluruh stakeholder. Apabila perencanaan dan pengaturan kinerja dilaksanakan dengan baik dan terukur, tentunya tujuan akan mudah dicapai.
Begitu pula SD Negeri Karangayu 02 sebagai satuan pendidikan. SD Negeri Karanganyu 02 membuat kurikulum sebagai bentuk evaluasi diri dan perencanaan kegiatan. Kurikulum
satuan
pendidikan yang
untuk selanjutnya disebut Kurikulum SD Negeri Karangayu 02 ini disusun untuk mewujudkan visi sekolah dengan mengakomodasi potensi yang ada
untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam aspek akademis maupun
non akademis, memelihara, mengembangkan budaya daerah, menguasai IPTEK
yang dilandasi iman dan taqwa dan berwawasan lingkungan, serta ramah bagi semua peserta didik
Adapun
pengembangannya berdasarkan
prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkarakter dan berbudi
pekerti luhur dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap lingkungan. Pada kurikulum
2013 peserta
didik diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration,
Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation). Penguasaan
ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang
dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan ketrampilan 4C itu diantaranya
yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan
Pendidikan
Karakter) dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong
royong dan integritas serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya
sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak,
visual, digital dan
auditori. Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu dalam
pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis, logis,
reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga
diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia. Untuk mendukung
pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik
disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik
serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, serta
sesuai dengan visi SD Negeri Karangayu 02
Begitu pentingnya dokumen kurikulum karna didalamnya berisi visi, misi, tujuan sekolah, kriteria keberhasilan mengajar, keunggulan sekolah, kalender akademik, dan program sekolah yang terjabar dalam program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler sekolah. Sehingga tidak bisa disangkal jika penyusunan kurikulum menjadi wajib dilaksanakan untuk mewujudkan kegiatan sekolah yang jelas dan terukur.
No comments:
Post a Comment