Rombongan Belajar SD N Karangayu 02

  • Peran Serta Ortu " title="Peran Serta Ortu" alt="Penguatan Peran Serta Orang Tua Murid" />
  • Foto Bersama Ortu, Peserta Didik dan Guru" title="Foto Bersama Ortu, Peserta Didik dan Guru" alt="Foto Bersama Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan" />
  • Peran Serta Teman Difabel " title="Kerjasama Sekolah dengan Teman Difabel" alt="Kelas Inspirasi Bersama Teman Difabel" />
  • Literasi Imunisasi " title="Kerjasama Sekolah dengan Puskesmas" alt="Kegiatan Literasi Imunisasi" />

Sunday, 5 May 2019

Struktur Organisasi dan Kalender Akademik SD Negeri Karangayu 02



Keberhasilan suatu institusi diawali dari manajemen kegiatan yang dapat diukur keberhasilannya. Salah satu tanda berhasil tidaknya pelaksanaan suatu institusi terlihat dari evaluasi diri dan program kegiatan tahunan, program keuangan, dan pengaturan kinerja seluruh stakeholder. Apabila perencanaan dan pengaturan kinerja dilaksanakan dengan baik dan terukur, tentunya tujuan akan mudah dicapai. 
Begitu pula SD Negeri Karangayu 02 sebagai satuan pendidikan. SD Negeri Karanganyu 02 membuat kurikulum sebagai bentuk evaluasi diri dan perencanaan kegiatan. Kurikulum satuan pendidikan yang untuk selanjutnya disebut Kurikulum SD Negeri Karangayu 02 ini disusun untuk mewujudkan visi sekolah dengan mengakomodasi potensi yang ada untuk meningkatkan kualitas satuan pendidikan, baik dalam aspek akademis maupun non akademis, memelihara, mengembangkan budaya daerah, menguasai IPTEK yang dilandasi iman dan taqwa dan berwawasan lingkungan, serta ramah bagi semua peserta didik
Adapun pengembangannya berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkarakter dan berbudi pekerti luhur dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap lingkungan. Pada kurikulum 2013 peserta didik diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation). Penguasaan ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan ketrampilan 4C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi PPK (Penguatan

Pendidikan Karakter) dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual, digital dan auditori. Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yaitu dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, serta sesuai dengan visi SD Negeri Karangayu 02
Begitu pentingnya dokumen kurikulum karna didalamnya berisi visi, misi, tujuan sekolah, kriteria keberhasilan mengajar, keunggulan sekolah, kalender akademik, dan program sekolah yang terjabar dalam program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler sekolah. Sehingga tidak bisa disangkal jika penyusunan kurikulum menjadi wajib dilaksanakan untuk mewujudkan kegiatan sekolah yang jelas dan terukur.






No comments:

Post a Comment

Gotong Royong Pemasangan Eternit dan Plafon Ruang Kelas 4B, 5A, dan 5B

PROPOSAL PLAFONISASI DAN PEMASANGAN ETERNIT   KELAS   SD NEGERI KARANG A YU 02 SATUAN PENDIDIKAN KECAMATAN SEMARANG BARAT       ...